Jakarta, CNBC Indonesia – Pembicaraan gencatan senjata antara Israel dan Hamas akan dilanjutkan pada Minggu (31/3/2024) di Kairo, Mesir, sebagai upaya terbaru untuk menghentikan perang yang telah berlangsung selama 6 bulan di Gaza.

Seorang pejabat Israel mengatakan kepada Reuters bahwa Israel akan mengirim delegasi ke Kairo pada Minggu.

Namun seorang pejabat Hamas mengatakan bahwa kelompoknya akan menunggu kabar dari mediator Kairo mengenai hasil pembicaraan mereka dengan Israel terlebih dahulu.

Pihak-pihak yang bertikai telah meningkatkan perundingan, yang dimediasi oleh Qatar dan Mesir, mengenai penangguhan serangan Israel selama enam minggu sebagai imbalan atas usulan pembebasan 40 dari 130 sandera yang masih ditahan oleh kelompok militan Palestina di Gaza.

Hamas berupaya memanfaatkan kesepakatan apapun untuk mengakhiri pertempuran dan penarikan pasukan Israel.

Israel telah mengesampingkan hal ini, dengan mengatakan bahwa mereka pada akhirnya akan melanjutkan upaya untuk membongkar pemerintahan dan kemampuan militer Hamas.

Hamas juga menginginkan ratusan ribu warga Palestina yang meninggalkan Kota Gaza dan daerah sekitarnya ke arah selatan selama tahap pertama perang diizinkan kembali ke utara. Seorang pejabat Israel mengatakan negaranya terbuka untuk berdiskusi dan mengizinkan kembali hanya “sebagian” pengungsi.

Sebelumnya, Dewan Keamanan PBB telah meloloskan resolusi gencatan senjata di Gaza. Namun, perang masih belum berhenti dan Israel tetap membombardir wilayah Gaza.

Lebih dari 32.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan militer Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober, menurut otoritas kesehatan di wilayah tersebut.

[Gambas:Video CNBC]


Artikel Selanjutnya


Jenderal Israel Respons Gencatan Senjata 4 Hari, Warning Ini


(luc/luc)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *