Jakarta, CNBC Indonesia – Kementerian Perhubungan mengungkapkan rencana kereta cepat dari Brunei Darussalam ke Indonesia khususnya di wilayah Kalimantan bahkan Ibu Kota Nusantara (IKN) baru sebatas rencana. Usulan ini bukan dari pemerintah, melainkan perusahaan Brunei Darussalam.

“Brunei punya perusahaan kereta gabung sama Malaysia ngusulin itu. Bukan usulan pemerintah Malaysia,” kata Direktur Jenderal Perkeretaapian Risal Wasal di DPR dikutip Rabu (3/4/2024).

Meski dalam rencananya bakal masuk ke wilayah Indonesia, namun otoritas Indonesia dalam hal ini Kemenhub belum diajak bicara mengenai megaproyek ini.

“Iya, belum ngobrol sama sekali ke kita. Belum ada omongan ke kita. Tau-tau dia ngeluarin aja ke Kalimantan. Trasenya belom tau, belom ada omongan sedikitpun,” kata Risal.

Meski demikian, bukan berarti proyek ini mustahil bisa dikerjakan. Namun butuh proses panjang untuk merealisasikannya, apalagi saat ini belum masuk ke tahap apapun, bahkan untuk sekedar pembicaraan.

“Kalau mungkin sih mungkin aja ya, tinggal siapa yang membiayai. Karena forecast demand nya belum tau, trasenya belum tau, FS (feasibility study) nya belum tau. Belum Ada apa-apa,” kata Risal

“Itu masih cek ombak aja, ga perlu kita bahas. Yang ada baru kereta di IKN, kereta bandara ke IKN, KA angkutan barang di Kalimantan,” lanjutnya.

Saat ini memang sudah ada jaringan kereta api yang tersambung antara Indonesia dengan Brunei Darussalam dan Malaysia, namun ini lebih banyak digunakan dalam kereta logistik yakni Trans Asian Railway.

“Kita punya trans asian railway, dari Kalimantan nyambung ke mereka itu ada. Apakah kereta cepatnya masuk kesana? Belum tau, karena belum ngobrol sama sekali,” ujar Risal.

Sebelumnya¬†Presiden Jokowi¬†juga akhirnya buka suara ihwal proyek ini. “Belum tapi saya tahu itu sudah ada perencanaan lama,” kata Presiden Jokowi saat ditanya apakah soal rencana proyek itu sudah dikomunikasikan ke pemerintah Indonesia, Rabu (3/4/2024)

[Gambas:Video CNBC]



Artikel Selanjutnya


Tiket Kereta Cepat Whoosh Promo Hingga Desember, Cuma Segini!


(hoi/hoi)




Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *